Ribuan Bonek Melakukakan Aksi Konvoi "Bela Persebaya"

Surabaya - Ribuan Bonek Mania demonstrasi di sepanjang jalan protokol di Surabaya, Jawa Timur, Senin (26/12). Mereka memprotes terkait akan digelarnya Kongres Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) di Bandung, Jawa Barat pada Januari 2017 mendatang.

Aksi protes para Bonek bertema 'Bela Persebaya' ini dilakukan dengan cara konvoi mulai dari Tugu Pahlawan hingga Balai Kota Surabaya di Jalan Wali Kota Mustajab.

Tak hanya konvoi, aksi protes ini juga cukup kreatif. Selain membentangkan spanduk berisi kecaman terhadap PSSI, para Bonek Mania dari masing-masing kecamatan, baik dari Surabaya sendiri, maupun dari luar kota juga menampilkan atraksi cukup menarik.

Mereka membawa patung buaya ukuran besar, bola raksasa, piala tiruan dan sebagainya. Ada juga yang membawa keranda mayat dengan diberi tulisan: Matinya PSSI.

Aksi damai ribuan suporter Persebaya Surabaya ini pun menjadi tontonan dan hiburan menarik bagi warga sekitar. "Ini adalah cara kami melakukan protes terhadap PSSI yang belum memutuskan Persebaya ikut kompetisi tahun depan," kata salah satu Bonek, Imron yang ikut pawai.

Menurut para Bonek, aksi damai ini sekaligus sebagai aksi pemanasan yang akan dilakukan di Bandung. Para Bonek akan menggeruduk Kota Kembang saat Kongres PSSI digelar pada Januari mendatang.

Sementara itu, untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan, sekitar seribu personel dari Polrestabes Surabaya mengawal ketat aksi damai para Bonek ini. Selain itu, sejumlah jalan protokol yang dilewati konvoi seperti Jalan Pahlawan, Jalan Tunjungan, Gubernur Suryo dan Jalan Yos Sudarso terpaksa ditutup pihak kepolisian.

Post a Comment

 
Top