Karena Cuaca yang Buruk Jalur Pendakian Gunung Arjuno Sementara Ditutup



Para pendaki yang akan memuncaki Gunung Arjuno hendaknya mengurung niat. Jalur pendakian gunung setinggi 3.339 meter di atas permukaan laut ini ditutup karena cuaca buruk.

Penutupan dilakukan di ke-empat pintu masuk, yakni Tretes, Purwosari, Lawang dan Batu.

"Seluruh pintu masuk pendakian ditutup karena cuaca buruk," kata salah seorang petugas pos pendakian Tretes, Prigen, Pasuruan, Junaidi, Selasa (24/1/2017).

Gunung Arjuno merupakan salah satu lokasi favorit pendakian di Jatim selain Gunung Semeru. Di kawasan ini pendaki juga bisa mendaki Gunung Welirang yang ketinggiannya tak jauh beda yakni 3.156 meter di atas permukaan laut.

Di kawasan ini juga terdapat Gunung Kembar setinggi 3.126 meter di atas pemukaan laut dan Gunung Ringgit setinggi 2.477 meter di atas permukaan laut.

Setiap akhir pekan kawasan ini dikunjungi ratusan pendaki dan akan bertambah banyak saat libur panjang atau tahun baru.

Pintu Tretes, Prigen, merupakan jalur teramai pendakian Gunung Arjuno. Selain lebih dekat ke puncak, akses jalan menuju pos ini lebih memadai.

"Kemungkinan Maret baru dibuka. Namun kami masih melihat kondisi cuaca dan rekomendasi dari BMKG," jelas Junaidi.

Sejak Desember 2016, kawasan Gunung Arjuno sering terjadi hujan dengan intensitas tinggi disertai petir. Cuaca buruk tersebut pada pertengahan Desember menyebabkan seorang pendaki asal Universitas Airlangga Surabaya tewas tersambar petir.

Post a Comment

 
Top