Pemkot Batu Menghentikan Pembangunan Mini Market di Desa Punten


Pemkot Batu bersikap tegas dengan menyatakan pembangunan sebuah toko modern di Desa Punten, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu ilegal dan diminta dihentikan.
Pembangunan toko yang dipermasalahkan warga itu berada di pinggir jalan, bersebelahan dengan SDN Punten 1.
Dari pantauan SURYAMALANG.COM, bangunan itu masih dalam tahap pembangunan kira-kira 60 persen.

Salah satu warga Desa Punten, Rendra mengatakan bahwa bangunan itu sebelum dibangun merupakan bangunan untuk dimanfaatkan karang taruna.
"Yang dipermasalahkan itu pembangunan yang akan dijadikan toko modern ternyata menggusur bangunan bantuan untuk UMKM dari Dinas Pertanian Batu," kata Rendra kepada SURYAMALANG.COM, Rabu (9/8/2017).

Ia menambahkan, bangunan itu berupa kios-kios untuk berjualan. Namun belum sempat dipergunakan oleh karang taruna Desa Punten, sudah dibongkar dan akan dijadikan toko modern.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Tenaga Kerja, Eny Rachyuningsih menegaskan kalau pihaknya tidak pernah mengeluarkan izin untuk toko modern di tahun ini. Eny menyebutkan izin toko modern terakhir dikeluarkan tahun lalu.

"Itu tidak ada izinnya. Tahun ini kami belum mengeluarkan izin untuk toko modern," kata Eny saat dikonfirmasi.

Ditanya soal kebiasaan toko modern atau bangunan yang mendahului pembangunan sebelum ada izinnya, Eny membantah hal tersebut. Ia menegaskan kalau banguanan sebelum dibangun harus ada izinnya.

"Ya kalau belum ada izinnya kan ada dinas yang memiliki Tupoksi untuk menindaklanjuti," kata Eny.
Eny menambahkan, pihaknya saat ini tengah mensosialisasikan Izin Usaha Toko Modern (IUTM). Yakni semua toko modern harus memberikan ruang untuk pelaku UMKM.

Namun tampaknya IUTM ini sulit untuk diterapkan di Kota Batu. Karena pemilik toko modern kalah bersaing dengan yang dijual oleh pelaku UMKM.

Baca Uga : 

Dikonfirmasi terpisah, Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko menegaskan kalau sampai masa kepemimpinannya ia tidak akan mengeluarkan izin untuk toko modern. Terlebih yang berdiri di tahun 2017 ini.

"Kalau ada yang buka saat ini tidak saya beri izin. Sudah cukup banyak toko modern di Batu," kata Eddy.

Kalau perlu, lanjut ER, Pemerintah Kota Batu memberikan modal kepada pelaku UMKM. Dalam hal ini, Eddy juga meminta kepada setiap toko modern di Batu ini memberikan ruang kepada pelaku UMKM. Terutama produksi di Kota Batu.

Post a Comment

 
Top