Jalan di Poncokusumo yang Menuju Bromo Tertutup Longsor Sejak Pagi 



Jalan ke Gunung Bromo di jalur Kabupaten Malang tertutp longsor, tepatnya di daerah Poncokusumo, Kabupaten Malang, jalan tertutup longsor mulai pagi tadi (2/2/2017). Jalur ini juga digunakan pendaki yang ingin menuju Ranupane atau Gunung Semeru dengan jalur Malang.

Material longsoran mencapai 15x1x4 meter menutup akses jalan yang dibangun sebagai satu-satunya rute menuju Desa Ngadas, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, di sisi selatan Gunung Bromo.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang Bagyo Setiono mengatakan, upaya pembersihan titik longsor masih berjalan dengan kerja bakti warga, BPBD, Muspika dan Tim SAR.

Kerja bakti memanfaatkan peralatan seadanya untuk membersihkan badan jalan dari material longsor. Kondisi jalan cukup curam dan kecil dan memungkinkan alat berat didatangkan ke lokasi.
Jalur Bromo Via Tumpang Tertutup LongsorJalur Bromo Via Tumpang Tertutup Longsor Foto: Muhammad Aminudin

"Kami upayakan cepat selesai, agar jalur longsor segera bisa dilalui kendaraan roda empat. Lokasi longsor tidak jauh dari Coban Trisula," terangnya kepada detikcom, Kamis pagi.

Bagyo mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati jika melintas di jalur rawan longsor. Menyusul curah hujan cukup tinggi akhir-akhir ini. "Masyarakat agar tetap waspada," tegasnya.

Camat Poncokusumo, Sukarlin mengatakan, saat ini jalan menuju Desa Ngadas sudah bisa dilalui. "Longsor yang terjadi sekitar pukul 04.20 wib di Desa Gubuklakah ini, sekarang sudah bisa dilewati kendaraan roda empat," ujarnya terpisah.

Menurut dia bencana tanah longsor yang hampir 10 meter ini sempat mengakibatkan akses jalan tertutup.

"Akses jalan menuju desa Ngadas sekarang sudah bisa di lewati karena kerjasama antar masyarakat dan tim sar untuk melakukan normalisasi," kata Sukarlin.

Post a Comment

 
Top